430 Mahasiswa Fakultas Kesehatan UINSU PBL di Langkat

430 Mahasiswa Fakultas Kesehatan UINSU Laksanakam PBL di Langkat

topmetro.news – Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH di wakilkan Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan H. Sutrisuanto SSos MSi menghadiri pelepasan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) di Halaman Kantor Bupati Langkat, Rabu (8/11/2023).

Dalam kesempatan itu, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat UINSU Prof. Dr. Mesiono SAg MPd mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Plt Bupati Langkat yang telah memberikan fasilitas dan memfasilitasi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatra Utara (UINSU) yang akan melaksanakan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) di Kabupaten Langkat.

Menjelang akhir tahun 2023 ini, sebanyak 430 Mahasiswa UINSU Fakultas Kesehatan Masyarakat yang akan melaksanakan PBL di Kabupaten Langkat. Ada 45 kelompok terbagi untuk 12 Puskesmas di dampingi Dosen Pembimbing Lapangan yang akan di tempatkan ke 4 Kecamatan. Yaitu Kecamatan Pematang Jaya, Pangkalan Susu, Gebang dan Secanggang dari mulai tanggal 08 Nopember-23 Desember 2023.

Tujuan dari PBL ini adalah untuk memberikan penguatan baik nuris maupun prepeknuris. Supaya mendapatkan pengalaman dari kegiatan belajar tersebut sehingga mendapatkan ilmunya.

“Untuk itu saya berharap komitmen untuk bisa bersungguh-sungguh bersprektiv dalam PBL di lapangan bisa menjaga Almamater Fakultas Kesehatan Masyarakat UINSU. Dan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan H. Sutrisuanto SSos MSi sekaligus melepas mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat UINSU membacakan kata sambutan Plt Bupati Langkat.

Ucapkan Terima Kasih

Syah Afandin mengucapkan terima kasih kepada civitas akademika UINSU atas dipilihnya Kabupaten Langkat sebagai lokasi kegiatan PBL dari Fakultas Kesehatan Masyarakat.

“Sebanyak 430 orang mahasiswa yang akan ditempatkan di 4 kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat. Karena saya yakin bahwa kegiatan tersebut akan banyak memberi manfaat bagi masyarakat di lokasi kegiatan. Melalui kegiatan PBL ini saya berharap adik-adik mahasiswa dapat bersosialisasi secara baik di tengah-tengah masyarakat. Dengan menerapkan ilmu yang didapat selama pembelajaran di kampus untuk dapat berbagi pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat di lokasi kegiatan tentang pentingnya arti hidup bersih, pentingnya kesehatan, lebih peduli lingkungan serta dengan menguatkan persaudaraan dalam semangat kegotongroyongan,” ujarnya.

Syah Afandin juga berharap kepada para mahasiswa untuk dapat memberikan warna positif kepada generasi muda di lokasi berlangsungnya PBL.

“Sehingga generasi muda Kabupaten Langkat memiliki kehidupan yang lebih baik dalam menyongsong masa depannya,” terangnya.

Kepada para Camat, sambungnya, yang menjadi lokasi kegiatan PBL ini agar dapat memantau perkembangan adik-adik mahasiswa. Termasuk memberikan bantuan juga bimbingan melalui perangkat desa masing-masing

“Sadari bahwa keberadaan mahasiswa PBL adalah bagian dari upaya Pemkab Langkat dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Kabupaten Langkat secara lebih nyata,” harapnya.

Turut hadir Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat UINSU Prof. Dr. Mesiono SAg MPd, Wakil Dekan Bid. Akademik dan Kelembagaan Dr. Hasrat Efendi Samosir MA, Wakil Dekan Bid Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Irwansyah SH.I MH, seluruh Dosen Civitas Akademika UINSU, Kabid Sumberdaya Kesehatan Dinas kesehatan Kabupaten Langkat Kesuma Jaya, Kapus Pantai Cermin, Kapus Hinai Kiri, Kapus Secanggang, Kampus Securai, Kapus Pematang Jaya dan Kapus Beras Basah.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment